Press Release Operator Seluler Indonesia

XL Targetkan 1 Juta Pelanggan M2M

MENUTUP tahun 2012, PT XL Axiata Tbk berencana untuk mengalokasikan investasi sekitar Rp 166 miliar untuk mengembangkan bisnis solusi "machineto machine" (M2M) di tahun 2013. Investasi pengembangan layanan yang memungkinkan perangkat elektronik dapat saling terkoneksi dan saling berkomunikasi ini merupakan bagian dari dana belanja modal (capex) XL pada tahun 2013 yang dialokasikan ke dalam unit bisnis Digital Services.

Adapun yang termasuk unit bisnis Digital Services di XL meliputi pengembangan mobile payment remittance, M2M and cloud, advertising, dan content application. Untuk M2M ini, investasinya lebih pada pengembangan platform, perangkat data center, membangun ekosistem dengan mitra, keperluan operasional dan edukasi.

Saat ini XL memiliki enam jenis produk M2M meliputi Automated Metering Reader (AMR), Electronik Data Capture (EDC), Enterprises Mobile Solution (EMS), Vehicle Tracking System (XLocate), Mobile Surveillance, Personal Tracker (XLacak). XLacak merupakan solusi terbaru M2M XL yang memungkinkan pengguna dapat memonitor dan mengirimkan informasi lokasi kepada orang lain untuk memantau kondisi dan keberadaan seseorang ataupun objek yang sedang dalam monitoring.

Director Technology, Content and New Business XL, Dian Siswarini menjelaskan bahwa sejak diluncurkan pada tahun 2011, pelanggan M2M XL sampai akhir tahun 2012 telah mencapai sekitar 104.000 koneksi. Dian pun optimistis bahwa jumlah pelanggan ini akan terus berkembang pada tahun 2013 dengan target 1 juta koneksi. "Kami sangat serius untuk mengembangkan M2M, selain potensinya yang luar biasa besar dan layanan ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat," tambahnya.

lndosat-XL Pesta Bareng

GARA-GARA kasus pencurian pulsa, bisnis konten kreatif di industri telekomunikasi Indonesia terjun bebas dan ramai-ramai ditinggalkan penggunanya. Berbagai upaya dilakukan operator untuk mengembalikan kepercayaan publik dan kembali meningkatkan animo masyarakat. Meskipun RBT dan iRing bukan bagian dari layanan Value Added Service, melainkan bagian dari basic product operator, tapi dampak dari kasus tersebut juga terasa bagi seluruh pelaku industri musik digital. Sebagai salah satu bentuk nyata dari usaha untuk build back industri musik digital, PT XL Axiata (XL) dan Indosat bekerjasama dengan 12 record labels meluncurkan program PESTA RBT (ring back tone) dan iRing melalui single access UMB *919#. Melalui kerjasama ini, mereka berharap industri konten digital, terutama musik digital akan bisa segera recovery ke kondisi semula.

Program PESTA RBT dan iRing ini dibuat untuk mendukung dan membangun industri musik digital untuk lebih cepat kembali ke kondisi semula dan meningkatkan animo masyarakat atas layanan RBT dan iRing. Dengan adanya satu kode akses, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati layanan Ring Back Tone (RBT) dan iRing, tentunya dengan tetap memperhatikan segi transparansi dan keamanan bagi pelanggan.

Program ini memberikan sejumlah hadiah kepada pelanggan dan masyarakat dengan cara mengaktifkan layanan RBT dan iRing dan telah dikonsultasikan dengan pihak Depsos. Melalui beberapa sosialisasi yang dilakukan oleh Depsos, RBT dan iRing adalah salah satu layanan yang kembali diperbolehkan untuk melakukan undian gratis berhadiah.

Pihak penyelenggara menyediakan hadiah berupa puluhan motor, ratusan handset (android dan BlackBerry), ribuan pulsa. Program RBT dan iRing ini akan berlangsung selama 3 bulan, mulai 5 Desember 2012 s/d 5 Maret 2013.

UNTUK memanjakan pelanggannya sekaligus memenuhi komitmen untuk menghadirkan layanan bernilai tambah yang terbaik serta terjangkau, Smartfren mengumumkan hadirnya aplikasi layanan video messaging Service (VMS) yang dapat diakses melalui layanan selular Smartfren dan Viki. VMS merupakan aplikasi gratis layanan broadcast video yang dapat dibagikan ke sesama pengguna maupun video messaging untuk mobile marketing. Aplikasi ini mendukung OS Android, BlackBerry maupun iPhone.

VMS juga dilengkapi dengan konten premium aneka channel berita, hiburan, selebriti, religi, hingga komedi. Tidak hanya berbagi video, pengguna juga dapat membuat channel sendiri dan mengunggah videonya untuk dinikmati oleh seluruh pengguna VMS. Aplikasi ini telah mendukung pengiriman video berkualitas tinggi dengan durasi hingga lima menit.

Viki adalah sebuah portal video internasional yang berisi beragam aneka film box office, animasi, hingga video klip artis Korea. Dengan layanan ini kita bisa berbagi video dengan teman, keluarga serta 15 juta pengguna Viki lainnya yang tersebar diseluruh dunia. Khusus untuk pelanggan Smartfren,

VMS dan Viki sudah pre installed dalam ponsel Android keluaran Smartfren sehingga dapat dinikmati langsung dan gratis. Selain itu, Smartfren juga meluncurkan konten m-commerce berupa voucher untuk bermain games online dan Smart Kupon

untuk mendapatkan diskon khusus di beberapa merchant pun dihadirkan sebagai bagian dari layanan VAS bagi pelanggan setia Smartfren. Untuk mendapatkan Smartfren Games Credit dan Smart Kupon, pengguna hanya perlu membeli voucher isi ulang Smartfren, dan sudah langsung dapat menikmati benefit dari kedua fitur baru dari Smartfren ini. Terobosan baru yang dilakukan oleh Smartfren semakin memudahkan pengguna dalam menunjang aktivitas dan gaya hidup mobile mereka. gsmarenacipanas

0 Comments